MeiwTech

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Definisi HTTP, Clien Side Programming, Server Side Programming, Web Server.

Selasa, 13 September 2016

Hallo sobat blogger kali ini saya ingin menjelaskan HTTP, Clien Side Programming, Server Side Programming, Web Server.


HTTP 
HTTP merupakan Hypertext Transfer Protokol adalah protokol jaringan lapisan aplikasi ( layer 7) yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia, HTTP juga merupakan bagian dari protokol internet juga merupakan dasar komunikasi data pada Worl Wide Web (WWW).


Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan InggrisTim Berners-Lee.

Cara kerja HTTP ini yaitu meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu misal port 80, port 8080 dan banyak lagi. Klien yang mengirimkan permintaan HTTP disebut sebagai user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, disebut sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.

HTTP juga bisa digunakan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain, namun HTTP membutuhkan sebuah protokol lapisan transport ( layer 4) yang dapat diandalkan.

Sumber :

Client Side ProgrammingClient Side Programming merupakan suatu kelas program di komputer di web yang dijalankan client-side, oleh web browser pengguna. Web browser pengguna akan menjalankan script, kemudian menampilkan dokumen, termasuk output apapun terlihat dari script. Script sisi klien juga dapat berisi petunjuk untuk browser untuk mengikuti dalam menanggapi tindakan tertentu pengguna, (misalnya, mengklik sebuah tombol). Seringkali, petunjuk ini dapat diikuti tanpa komunikasi lebih lanjut dengan server. Menyeimbangkan eksekusi antara klien dan server script digunakan untuk meminimalkan beban komunikasi, beban server dan / atau waktu respon.Script sisi klien biasanya tertanam dalam HTML atau dokumen XHTML (maka dikenal sebagai "script tertanam"), tetapi mereka juga dapat terkandung dalam file terpisah, dimana dokumen (atau dokumen) yang menggunakannya membuat referensi (maka dikenal sebagai "script eksternal"). Atas permintaan, file yang diperlukan dikirim ke komputer pengguna dengan web server (atau server) di mana mereka berada. 

Server Side Programing 
Server side programming merupakan suatu bahasa pemrograman yang nantinya script/program tersebut akan dijalankan oleh server. Selanjutnya hasil pengolahan script/program tersebut akan dikirim ke client. Script server-side, ditulis dalam bahasa seperti PHP, ASP.NET, Java, Adobe ColdFusion, Perl, Ruby, Go, Python, dan server-side JavaScript.

Server Side Programing menghasilkan output dalam format yang dimengerti oleh web browser (biasanya HTML), yang kemudian dikirim ke komputer pengguna. Pengguna tidak dapat melihat kode sumber skrip (kecuali penulis menerbitkan kode secara terpisah), dan bahkan mungkin tidak menyadari bahwa script dieksekusi.

Sumber : 

Web Server 
Web Server merupakan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS dari sisi klien biasanya melalui web browser seperti  (Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain - lain), untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi server yaitu untuk mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. Beberapa contoh web server yaitu Apache, Apache Tomcat, Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS).

Sumber : 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net